Sering kita mendengar istilah-istilah aneh seperti
"laher", atau
"seher" yang kerap digunakan para mekanik, saat bertandang ke bengkel motor.
Mungkin, buat mereka yang sudah biasa mengutak-utik motornya
paham dengan istilah tersebut. Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang
terbingung-bingung saat mekanik menyebutkan istilah itu kepada mereka.
Sebenarnya, beberapa istilah yang sering digunakan mekanik
merupakan saduran dari Bahasa Belanda. Hal ini masuk akal, mengingat banyak
kata-kata dalam Bahasa Indonesia yang diambil dari bahasa tersebut.
Nah, agar Anda bisa mengerti apa yang dimaksud oleh sang
mekanik, berikut penjelasan sejarahnya,
1.Busi.
Istilah ini cukup umum diketahui oleh mereka yang memiliki kendaraan. Asal kata
busi adalah dari Bahasa Belanda, Bougie.
2. Seher.
Sebutan resmi dari komponen ini adalah piston, yang dalam Bahasa Belanda disebut
dengan Zuiger (dibaca: swiher).
3. Laher.
Komponen yang satu ini bentuknya berupa dua lingkaran besi yang di tengahnya
diisi bola-bola besi. Istilah laher diambil dari Bahasa Belanda yakni Lager, atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Bearing.
4. Noken as.
Istilah yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan Camshaft ini di
Belanda dikenal dengan nama Nokkenaas.
Fungsinya adalah untuk membuka-tutup klep mesin sesuai dengan waktu yang sudah
ditetapkan.
5. Kruk as.
Orang Belanda menyebutnya Krukaas,
sementara di Amerika dan Inggris disebut dengan Crankshaft. Komponen ini
mengubah gerak naik turun piston menjadi gerak berputar yang disalurkan ke
transmisi dan roda belakang.
6. Kiprok.
Nah, asal nama komponen yang satu ini diambil dari bahasa latin cuprum yang berarti tembaga. Kiprok adalah
komponen sepeda motor yang bertugas menjaga tegangan listrik sesuai kebutuhan
aki. Namun, karena lidah orang Indonesia sulit mengucapkan kata tersebut,
sehingga lama-kelamaan berubah menjadi kiprok.
7. Sepul.
Di Belanda komponen ini disebut dengan Spoel yang
berarti gulungan, karena memang bentuknya adalah gulungan kabel tembaga. Fungsi
sepul adalah mengubah energi kinetik putaran mesin menjadi energi listrik untuk
keperluan kelistrikan sepeda motor.
8. Keteng.
Mekanik biasa menyebutkan istilah ini, saat ada masalah dengan rantai yang
digunakan untuk memutar noken as. Dalam Bahasa Belanda keteng ini disebutKeten, yang artinya adalah rantai. Namun, di
Indonesia istilah ini hanya khusus dipakai untuk rantai mesin saja, dan bukan
untuk rantai yang terhubung ke roda belakang.
0 Komentar untuk "Istilah-istilah Komponen Motor yang Digunakan Mekanik?"