Seperti
yang kita ketahui bersama bahwasannya pergantian ban yang lebar tentunya akan
lebih lebar pula bagian ban yang menapak ke tanah yang berakibat daya cengkram
ban lebih menancap serta kerja mesin menjadi berlebih atau rekoso kalau basa
jawanya. Untuk menghindari kinerja mesin yang berlebih tentunya ada perubahan
pada bagian gear depan maupun belakang seperti pergantian gear dengan
jumlah mata yang berbeda
Sedikit ilmu saja mengenai efek
yang ditimbulkan jika ada perubahan pada jumlah mata gear dengan top speed
maupun akselerasi motor, monggo disimak
Gear depan,
pengurangan jumlah mata gear depan akan berimbas pada naiknya akselerasi dan
berkurangnya top speed sedangkan jika jumlah mata bertambah maka berimbas pada
naiknya top speed dan menurunnya akselerasi
Gear belakang,
pengurangan jumlah mata gear akan berimbas pada naiknya top speed dan turunnya
akselerasi sedangkan penambahan jumlah mata gear maka berimbas pada naiknya
akselerasi dan menurunnya top speed.
Jadi inti perbedaan pergantian
gear di atas akan mendapat hasil yang berkebalikan antara gear depan dan
belakang.
Dan lagi, gear depan memang
jumlah mata gearnya lebih sedikit dari gear belakang sehingga perubahan jumlah
mata juga berimbas pada perubahan akselerasi maupun top speed yang besar
sedikit rumus rasio sederhana sebagai berikut
Jumlah mata gear belakang :
Jumlah mata gear depan = Rasio
Contoh gear Megapro standard (46 : 14 = 3.29). Sekarang kita ganti gear depan
dengan 13 mata (46:13=3,53 ) selisih 0,24 bukan angka yang besar tapi kita
bandingkan dulu dengan penambahan gear belakang 2 mata (48:14=3,43) selisih 0,14.
Lihat perbedaan nya !! gear belakang bertambah 2 mata pun rasionya masih
lebih kecil dari gear depan berkurang 1 mata.
0 Komentar untuk "Top Speed (Kecepatan ) atau Akselerasi ( Percepatan)"