Top Speed (Kecepatan ) atau Akselerasi ( Percepatan)


Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya pergantian ban yang lebar tentunya akan lebih lebar pula bagian ban yang menapak ke tanah yang berakibat daya cengkram ban lebih menancap serta kerja mesin menjadi berlebih atau rekoso kalau basa jawanya. Untuk menghindari kinerja mesin yang berlebih tentunya ada perubahan pada bagian gear depan maupun belakang  seperti pergantian gear dengan jumlah mata yang berbeda

Sedikit ilmu saja mengenai efek yang ditimbulkan jika ada perubahan pada jumlah mata gear dengan top speed maupun akselerasi motor, monggo disimak
Gear depan, pengurangan jumlah mata gear depan akan berimbas pada naiknya akselerasi dan berkurangnya top speed sedangkan jika jumlah mata bertambah maka berimbas pada naiknya top speed dan menurunnya akselerasi
Gear belakang, pengurangan jumlah mata gear akan berimbas pada naiknya top speed dan turunnya akselerasi sedangkan penambahan jumlah mata gear maka berimbas pada naiknya akselerasi dan menurunnya top speed.
Jadi inti perbedaan pergantian gear di atas akan mendapat hasil yang berkebalikan antara gear depan dan belakang.
Dan lagi,  gear depan memang jumlah mata gearnya lebih sedikit dari gear belakang sehingga perubahan jumlah mata juga berimbas pada perubahan akselerasi maupun top speed yang besar sedikit  rumus rasio sederhana sebagai berikut 
Jumlah mata gear belakang  :  Jumlah mata gear depan  =  Rasio 
Contoh  gear Megapro standard (46 : 14 = 3.29)Sekarang kita ganti gear depan dengan 13 mata (46:13=3,53 ) selisih 0,24 bukan angka yang besar tapi kita bandingkan dulu dengan penambahan gear belakang 2 mata (48:14=3,43) selisih 0,14. Lihat perbedaan nya !!  gear belakang bertambah 2 mata pun rasionya masih lebih kecil dari gear depan berkurang 1 mata.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Top Speed (Kecepatan ) atau Akselerasi ( Percepatan)"

 
Copyright © 2017 .MOTOR SERVICE SOKARAJA WETAN - .
Template By kuncidunia
Back To Top